PEMASARAN INDUSTRI DAN E-COMMERCE
Pengertian E-Commerce
E-commerce merupakan suatu istilah yang sering digunakan atau didengar saat ini yang berhubungan dengan internet, dimana tidak seorangpun yang mengetahui jelas pengertian dari e-commerce tersebut. Berikut akan dipaparkan pengertian e-commerce menurut para ahli :
- Perdagangan elektronik atau yang disebut juga e-commerce, adalah penggunaan jaringan komunikasi dan komputer untuk melaksanakan proses bisnis. Pandangan populer dari e-commerce adalah penggunaan internet dan komputer dengan browser Web untuk membeli dan menjual produk. McLeod Pearson (2008 : 59).
- Menurut Shely Cashman (2007 : 83) E-commerce atau kependekan dari elektronik commerce (perdagangan secara electronic), merupakan transaksi bisnis yang terjadi dalam jaringan elektronik, seperti internet. Siapapun yang dapat mengakses komputer, memiliki sambungan ke internet, dan memiliki cara untuk membayar barang-barang atau jasa yang mereka beli, dapat berpartisipasi dalam e-commerce.
- Menurut Jony Wong (2010 : 33) pengertian dari electronic commerce adala pembelian, penjualan dan pemasaran barang serta jasa melalui sistem elektronik. Seperti radio, televisi dan jaringan komputer atau internet. Jadi pengertian e-commerce adalah proses transaksi jual beli yang dilakukan melalui internet dimana website digunakan sebagai wadah untuk melakukan proses tersebut.
Perubahan Lingkungan Bisnis
Perubahan lingkungan bisnis dari masa kemasa dapat dikategorikan dalam dua kategori masa yaitu: (1) era revolusi industri dan (2) era revolusi informasi. Saat ini dunia usaha sedang dalam masa transisi menuju era revolusi informasi.
Era Revolusi Industri
|
Era Revolusi Informasi
|
Evolusi dari custom products, small batch products, large batch products dan akhirnya commodity products
|
Perubahan dari commodity products ke large batch products, small batch products dan akhirnya kembali ke custom products.
|
Kecenderungan untuk melakukan Vertical integration (administrative hierarchies)
|
Kecenderungan ke arah mekanisme pasar (market mechanism). Konsumen belum begitu cerewet Konsumen cenderung makin
|
Big is beautiful.
|
Small is beautiful.
|
Product life cycle relatif panjang
|
Product life cycle makin pendek
|
Persaingan dalam skala nasional dan internasional.
|
Persaingan dalam skala global GATT, APEC.
|
Business to Business Forms of E-Commerce
Transaksi bisnis antara pelaku bisnis dengan pelaku bisnis lainnya. Dapat berupa kesepakatan spesifik yang mendukung kelancaran bisnis.
Kesimpulan
Dalam revolusi industri 4.0 manusia menciptakan banyak inovasi terbaru yang dapat memudahkan kita dalam menjalani kegiatan sehari-hari, contohnya saja adalah E-Commerce yang sekarang telah menjadi "Akar" penghubung antar manusia dari berbagai tempat di dunia, terutama dalam bidang perekonomian dan industri.
Daftar Pustaka
Aco, Ambo dan Andi Hutami Endang. Analisis Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Luckman, Enricko (2014): 5 Model E-Commerce di Indonesia, https://id.techinasia.com/5-modelbisnis-ecommerce-di-indonesia/
Narsa, I Made. 2000. PERUBAHAN LINGKUNGAN BISNIS DAN PENGARUHNYA TERHADAP SISTEM MANAJEMEN BIAYA. Jurnal Akuntansi & Keuangan Vol. 2, No. 1, Mei 2000: 1 - 8
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus